Tuesday, November 27, 2007

CARA PENANGGULANGAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH

Akhr-akhir ini di Indonesia berjangkit penyakit demam berdarah yang menelan banyak korban jiwa. Penyakit ini adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus Dengue dan ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Aedes aegypti bersarang di tempat penampungan air bersih, seperti; bak mandi, WC, tempayan, dan drum. Nyamuk ini tidak dapat berkembang biak di air kotor, seperti di: rawa, sungai, got, parit, comberan, dan tempat lain yang airnya berhubungan langsung dengan tanah.
Gejala penyakit demam berdarah antara lain suhu badan tinggi selama 2-7 hari, nyeri pada perut, lemah dan lesu. Gejala ini sangat umum, sehingga sangat sulit dibedakan dengan penyakit lain, seperti flu. Anak-anak lebih mudah terserang penyakit demam berdarah karena kurangnya daya tahan tubuh. Gejalanya biasa lebih berat daripada orang dewasa. Penyakit demam berdarah dapat menyebabkan: pendarahan, seperti muntah darah, berak darah, mimisan, atau gusi berdarah, anak menjadi lemah, tekanan darah turun, denyut nadi lemah(shock).
Langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengetahui terserang tidaknya anak dari penyakit demam berdarah:
- Periksa apakah ada bintik merah seperti bekas gigitan nyamuk pada kulit, muka, lengan, kaki, dada, atau perut anak.
- Jika didapat bintik merah, renggangkan kulit di sekitar bintik itu, bila bintik merah hilang, kemungkinan anak terkena penyakit demam berdarah.
Pertolongan pertama yang perlu diberikan kepada anak yang terserang penyakit demam berdarah :
Beri minum yang banyak. Boleh diberi minum air putih, susu, atau minuman lainnya.
Kompres dengan air dingin atau air es
Beri obat penurun panas. Selanjutnya segera bawa ke dokter atau puskesmas terdekat, atau rumah sakit untuk pemeriksaan dan pertolongan lebih lanjut.
Adapun ramu-ramuan yang bisa mencegah dan mengatasi penyakit demam berdarah :
- Akar jali ½ genggam yang telah dicuci bersih, lalu direbus dengan 3gelas air hingga tersisa 1gelas . Ramuan dibagi 3 bagian. Minum 3x sehari masing-masing 1/3 gelas.
- Krokot 1 genggam, direbus sebentar, tidak boleh terlalu matang. Krokot ini dimakan sebagai lalap.
- Rimpang kunyit segar dicuci bersih, kemudian diparut. Tambahkan air matang dan aduk hingga rata. Peras hasil parutan dengan menggunakan sepotong kain. Minum airnya sekaligus. Lakukan hal tersebut 2xsehari.
- 1 buah jambu biji/ klutuk matang diblender dengan air panas secukupnya lalu diminum hangat-hangat.
- Temulawak secukupnya + 10 butir angco(buang bijinya)+ 1 genggam akar teratai + 1 buah jambu biji/klutuk matang diblender dengan air secukupnya lalu diminum.
- Umbi daun dewa segar secukupnya diblender dengan air secukupnya dan diminum
.

No comments: